24 Tahun Berlalu, Desy Ratnasari Bongkar Derita Nike Ardilla Sebelum Tewas Kecelakaan
Pelantun "Panggung Sandiwara" itu meninggal karena kecelakaan maut di Jalan RE Martadinata, Bandung. Honda Civic yang ditumpangi Nike menabrak pagar beton dan membuat rocker muda itu tewas seketika.
Laporan polisi sempat menyebut kalau Nike meninggal pukul 06:15 WIB. Namun sejumlah saksi beda pendapat. Ada yang menyebut kecelakaan terjadi 03:00 dini hari sedangkan yang lain mengungkap waktu kematian Nike 05:45 WIB.
Selain waktu kematian, muncul rumor kalau Nike mabuk lantaran ia dan asistennya, Sofiatun, baru pulang dari diskotik. Meski begitu, Sofiatun sebagai saksi kunci menyangkal dan menyebut Nike cuma minum jus jeruk.
Visum dari polisi juga mengungkap tak ada kandungan alkohol dalam tubuh Nike. "Yang pasti, almarhumah jelas tidak mabuk karena kalau kita selalu menyetir bersama nonstop dari Jakarta menuju Bandung," kata Sofiatun.
Sofiatun sempat mengungkap kalau Nike mengendarai mobil tanpa memakai sabuk pengaman. Ia berniat menyalip mobil berwarna merah di depannya yang berjalan sangat pelan.
Sayangnya saat berusaha menyalip, dari arah berlawanan muncul mobil Taft melaju kencang. Nike mencoba menghindari mobil Taft dan membanting setir terlalu ke kiri. Akibatnya, ia menabrak pohon dan langsung terpental menabrak pagar beton bak sampah di kantor Usaha Pribadi di jalan RE Martadinata.
Kepergian Nike Ardilla ditangisi banyak pihak. Salah satunya Desy Ratnasari yang pernah beradu akting dengan Nike di film "Olga dan Sepatu Roda". Desy sempat mengenang momen kebersamaan dengan Nike. Ia mengungkap kesedihan Nike yang tak diketahui khalayak umum.
"Kita gak beda jauh usianya. Mungkin masyarakat tahunya Nike sukses berprestasi, tapi ada keinginan yang belum terwujud. 'Saya itu capek lho keliling-keliling (promo). Saya inginnya di rumah. Inginnya main'," kata Desy menirukan curhatan Nike dalam sebuah wawancara bersama Arie Untung beberapa waktu lalu. "Ya itu yang dia kehilangan, masa remajanya, Nike itu bisa cuma ganti koper aja di airport (saking sibuknya). Nanti ada kakak atau saudaranya yang kasih koper baru, koper lama dibawa pulang."
Sementara itu, sejumlah fans memperingati tanggal kematian Nike 19 Maret. "Tepat Hari ini Jam 06.05 Kota Bandung, Tgl 19 Maret 2019 Kita Resmikan menjadi HARI NIKE ARDILLA DI INDONESIA Hari dimana berpulang ke Pangkuan Ilahi Bintang Besar berusia 19 Thn penuh prestasi, Cantik Nan Dermawan KITA KIRIMKAN DOA BUAT SANG LEGENDA NIKE ARDILLA," kata akun fanbase Nike Ardilla. "Al Fatihah. Entah udah suka sama teteh @nikeardillaofficial itu dari jaman SD dari lagunya orangnya dan semuany... inget banget kls 2 sd udah cari posternya dia.
Sampai ingin potong rambut kayak teteh waktu SD. Dia legend yg tak tergantikan," kata netter lainnya. "Saat kau Nike meninggal q masih kls 2 SMP dan menangis mendengar kabar duka itu ..Al Fatihah buat ka Nike," tutur netter.
Tugas Marketing merupakan bagian dari perusahaan yang berperan penting dalam menentukan kemajuan perusahaan tersebut. Oleh karena itu, bidang pemasaran memiliki fungsi untuk menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. semakin meningkat pendapatan yang akan dicapai, maka perusahaan akan berkembang dengan baik. Dan sebaliknya, semakin menurun pendapatan yang dicapai, maka perusahaan tidak akan meningkat atau berkembang.

Marketing merupakan salah satu fungsi utama di antara fungsi-fungsi penting lainnya yang ada dalam suatu perusahaan seperti : administrasi, pembukuan, pembelanjaan, produksi dan personalia. Dalam industri perusahaan bidang pemasaran ini boleh dikatakan masih merupakan suatu hal yang relatif muda usianya bila dibandingkan dengan industri lainnya. Bagian yang melaksanakan penjualan dan pemasaran kemudian disebut Sales And Marketing Department.
Definisi yang lengkap dari manajemen marketing yang terdapat dalam Sales And Marketing Department, menurut Sihite (1996) adalah ; “Merupakan suatu fungsi yang melaksanakan segala perencanaan, penugasan dan pengawasan terhadap kegiatan penjualan daripada suatu perusahaan, dalam hal penerimaan tenaga penjual (salesman), seleksi (recruiting), pengaturan latihan (training), pengarahan (supervise), pengawasan (control), pembiayaan (cost), dan motivasi para salesman”
Seperti telah diutarakan bahwa pengertian Sales secara sederhana adalah penjualan. Dalam bukunya Sihite (1996:86) menyebutkan bahwa “Sales adalah Merchandise (Something to be sold) plus Service”. Dalam buku yang sama juga dijabarkan mengenai Salesmanship yaitu kecakapan seorang Sales dalam menjual yang meliputi proses dalam penjualan yang dimulai dari langkah pertama sampai dengan terlaksananya suatu penjualan. Jadi pengertian Sales Person atau Salesman di sini adalah individu yang menawarkan suatu produk dalam suatu proses penjualan.
Adapun beberapa hal yang harus dikuasai oleh tenaga penjual atau sales person, sebagai berikut :
- Product Knowledge - Adalah yang meliputi masalah pengetahuan produk yang dimiliki suatu perusahaan yang berhubungan dengan keadaan fisik, jenis, ukuran, design dan warna, manfaat terhadap konsumen, bahkan kelebihannya dengan produk lain yang sama.
- Price Policy - Sejenis produk yang ditawarkan atau dijual mempunyai klasifikasi harga. Adanya suatu design harga tertentu yang ditawarkan untuk suatu volume penjualan. Apakah ada insentif tertentu (discount/commission) bagi pembeli.
- Human Relation - Kemampuan tenaga penjual dalam hubungannya dengan masyarakat pasar tertentu untuk mempengaruhinya dan pada akhirnya menjadi konsumen. Pendekatan perorangan sangat membantu keberhasilan dengan ditunjang kemampuan berkomunikasi.
Pada hakekatnya setiap perusahaan yang menjual barang dan jasa hendaknya perlu melakukan segmentasi pasar (market segmentation).Dalam industry khususnya dalam Sales & Marketing Department tentunya juga melakukan segmentasi pasar dimana merupakan kegiatan pembagian dari keseluruhan pasar untuk suatu pelayanan dalam kelompok-kelompok dengan karakteristik umum.
Segmentasi pasar (marketing segmentation) merupakan suatu langkah awal pemasaran (marketing) untuk membagi-bagi berbagai macam konsumen yang ada di pasar dan memilih salah satu bagian dari segmen tersebut yang akan dijadikan target pemasaran (Marketing Target). Yang dimaksud dengan target pemasaran (Marketing Target) di atas adalah jenis konsumen yang dipilih merupakan tujuan pemasaran (marketing goals).
Tujuan utama segmentasi pasar (Market Segmentation) adalah untuk merangsang semua pelanggan yang berpotensial. Pemasaran (marketing) yang tidak memiliki target adalah sia-sia, karena ada banyak kelompok pelanggan yang mungkin tidak tertarik untuk membeli jasa yang dijual. Inti dari suatu pemasaran (marketing) yang baik adalah mengambil satu segmen yang paling menarik dalam pelayanan yang spesifik dan mengaplikasikan unsurunsur pemasaran terhadap segmen tersebut.
Tugas dan Tanggung Jawab Marketing Department
Pada perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, petugas bagian pemasaran bertanggung jawab penuh terhadap produk ketika produk tersebut keluar dari line produksi. Dibanyak perusahaan, manajemen operasional, bertanggung jawab terhadap kelancaran sistim distribusi pelayanan pada setiap outlets. Walaupun demikian hal tersebut tidak akan mengurangi peran penting bagian pemasaran untuk lebih efisien dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab marketing atau pemasaran menurut Christopher H. Lovelock sebagai berikut :
- Mengevaluasi dan menyeleksi pangsa pasar yang akan dilayani
- Menyeleksi sifat-sifat pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan target pangsa pasar, sehingga sesuai atau melebihi dari usaha-usaha yang diberikan dan dilakukan oleh para pesaingnya.
- Harga-harga yang sudah ditetapkan mencerminkan biaya-biaya, strategi persaingan, dan kepekaan konsumen terhadap perbedaan tingkatan harga.
- Lokasi dan waktu pelayanan yang ada, disesuaikan dengan pilihan dan kebutuhan-kebutuhan konsumen.
- Mengembangkan program komunikasi untuk menginformasikan kepada calon konsumen tentang pelayanan dan meningkatkan penggunaannya.
Tugas dan tanggung jawab marketing secara umum, menurut Sihite yaitu :
- Melaksanakan kegiatan penjualan melalui telepon terhadap target konsumen (perusahaan-perusahaan perdagangan dan industri, kantor-kantor pemerintah, asosiasi perkumpulan keagamaan, olahraga, sosial, konsulat) secara sistematik, serta melengkapi laporan kegiatan untuk setiap hubungan yang dilakukan.
- Memelihara semua hasil analisis penjualan yang telah dibuat.
- Atas persetujuan pimpinan, dalam melaksanakan kerjasama dengan perwakilan perusahaan lain dalam memperoleh peluang usaha, melakukan penjualan bersama, mendiskusikan strategi dan sebagainya.
- Melakukan tindak lanjut pelayanan, untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.
- Melakukan tindak lanjut setiap kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh peluang usaha pada saat mendatang.
- Menghubungi humas setiap saat dan memberikan bantuan apabila diperlukan, misalnya dalam memberikan hadiah-hadiah promosi kepada para pelanggan.
- Melaksanankan kegiatan pemasaran lainnya sesuai dengan tugas yang diberikan oleh manajer penjualan.
Berdasarkan hemat saya, tugas marketing adalah sebagai berikut :
- Menjaga dan meningkatkan volume penjualan
- Menyiapkan prospek klien baru
- Menganalisa data keuangan klien dengan tujuan penaksiran investasi klien
- Merekomendasikan strategi investasi yang sesuai dan menguntungkan untuk klien
- Menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan
- Memiliki keterampilan secara kuantitatif yang baik
- Mempertahankan pelanggan yang telah ada
- Memastikan pencapaian target penjualan
- Membuat laporan penjualan perusahaan
- Melaporkan aktivitas penjualan perusahaan kepada atasan
Kegiatan pemasaran merupakan kegiatan yang cukup penting oleh sebab itu perlu memahami tentang kata pemasaran itu sendiri yang sering diartikan salah, dan hal itu akan berakibat pada kurangnya hasil yang dicapai. Bila seorang penjual (salesman) atau seorang manajer penjualan (sales manager) berbicara tentang bagaimana produk yang dihasilkan oleh perusahaan dapat disesuaikan agar memenuhi kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan konsumen dan dapat terjual. Pemasaran sebagai suatu proses, maka sudah seharusnya kegiatan pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang ataupun jasa diproduksi, keputusan keputusan pemasaran sudah harus ditentukan, salah satu contohnya seperti jenis produk yang bagaimana yang akan diproduksi, berapa harganya, serta bagaimana cara mempromosikannya.
Adapun fungsi dari Sales & Marketing Department adalah sebagai berikut:
- Untuk memotivasi calon pelanggan agar ia bertindak dengan suatu cara yang dikehendaki olehnya yaitu membeli.
- Dapat mengarahkan sasaran mana dan kepada siapa produk akan ditawarkan dan dijual.
- Dapat meyakinkan atas manfaat dan kelebihan produk yang ditawarkan.
- Dapat meyakinkan calon pelanggan yang diketahui ragu-ragu dalam mengambil keputusan atau menentukan pilihan.
Demikianlah ulasan mengenai tugas marketing dan tanggung jawab marketing dalam perusahaan. Semoga ulasan tugas marketing dan tanggung jawab marketing ini dapat bermanfaat untuk anda semua.
sumber

Comments
Post a Comment